Animasi berasal
dari kata dalam bahasa inggris yaituanimate yang
artinya menghidupkan, memberi jiwa dan mengerakan benda mati. Animasi merupakan
proses membuat objek yang asalnya suatu benda mati, kemudian secara berurutan
disusun dalam posisi yang berbeda seolah menjadi hidup.
Ditemukannya prinsip dasar animasi
adalah dari karakter mata manusia yaitu: persistance
of vision (pola penglihatan yang teratur). Paul Roget, Joseph
Plateau dan Pierre Desvigenes, melalui peralatan optik yang mereka ciptakan,
berhasil membuktikan bahwa mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar
pada tenggang waktu tertentu sebagai sebuah pola.
Animasi secara
umum bisa didefinisikan sebagai :
Suatu sequence gambar yang ditampilkan pada tenggang waktu (timeline) tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak. Pengertian animasi pada dasarnya adalah menggerakkan objek agar tampak lebih dinamis.
Suatu sequence gambar yang ditampilkan pada tenggang waktu (timeline) tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak. Pengertian animasi pada dasarnya adalah menggerakkan objek agar tampak lebih dinamis.
- Jenis Animasi
Ada
4 jenis animasi menurut Hofstetter (2001, p26) :
- Frame Animation : Suatu animasi yang dibuat dengan mengubah objek pada setiap frame. Objek-objek tersebut nantinya akan tampak pada lokasi-lokasi yang berbeda pada layar.
- Vector Animation : Suatu animasi yang dibuat dengan mengubah bentuk suatu objek.
- Computational Animation : Suatu animasi yang dibuat dengan memindahkan objek berdasarkan koordinat x dan y. Koordinat x untuk posisi horizontal dan posisi y untuk posisi vertical.
- Morphing
: Peralihan satu bentuk objek ke bentuk objek lainnya dengan memanipulasi lebih
dari satu frame sehingga nantinya akan dihasilkan keseluruhan gerakan yang
sangat lembut untuk menampilan
perubahan satu sampai perubahan bentuk lainnya.
- Perkembangan Teknologi Animasi
Animasi pada awalnya bisa dikatakan sangat sederhana,
namun sekarang telah berkembang dan dibedakan menjadi 3 teknologi , yaitu:
- Animasi Dua Dimensi(2D)
- Animasi Tiga Dimensi(3D)
- Animasi Clay
- Animasi Dua Dimensi(2D)
Sering disebut film kartun. Kartun sendiri
berasal dari kata cartoon,
artinya gambar yang lucu. Memang film kartun ini kebanyakan film yang lucu
misalnya :
- Loney Tunes Scooby Doo
- Doraemon Legenda Raja Matahari
- The Lion King
- Brother Bear
- Animasi Tiga Dimensi(3D)
Finding Nemo, inilah contoh film animasi yang disebut animasi 3D
atau computer generated image (CGI).
CGI menghasilkan film animasi yang gambarnya benar-benar hidup dan tiga
dimensi, tak sekedar datar. Salah satu studio CGI yang terbesar adalah Pixar
yang berlokasi di Emeryville, California. Selain Finding Nemo, Pixar juga memproduksi Monsters.Inc, Toy Story, Toy Story 2, dan A Bugs Life. Toy Story ini merupakan film
animasi panjang pertama yang menggunakan 100 persen animasi computer.
- Animasi clay
Film
animasi clay pertama
diliris bulan Februari 1908 berjudul A Sculptor’s Welsh Rarebit Nightmare. Kalau masih susah
membayangkan seperti apa animasi clayini,
tonton saja film Bob the Builder di
TV, Wallace and Gromit,
atau Chiken Run.
Tokoh-tokoh
dalam animasi clay dibuat
dengan memakai rangka khusus untuk kerangka tubuhnya. Lalu, kerangka ini
ditutup dengan plasticine sesuai
bentuk tokoh yang ingin dibuat. Bagian-bagian tubuh kerangka ini, seperti
kepala, tangan, kaki, bisa dilepas dan dipasang lagi.
Demikian penjelasan dari Teknologi Animasi dan beberapa contohnya.
Sumber:
#nb:
- Jangan lupa Untuk Mahasiswa Gunadarma berkunjung ke BAAK Gunadarma untuk mendapatkan info seputar perkuliahan di Universitas Gunadarma.
- Untuk melihat info Mahasiswa (Kelas, Jadwal Perkuliahan) dapat di lihat di Studentsite Gunadarma (Khusus Mahasiswa Universitas Gunadarma)
berbagi itu indah gan (y)
BalasHapus